Senin, 27 Mei 2019

Rencana Satuan Pembelajaran



RENCANA PEMBELEJARAN SEMESTER
(RPS)
Mata Kuliah : Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah
Kode :
SKS : 4 SKS
Jurusan : Pendidikan Agama Islam


DESKRIPSI MATA KULIAH


Matakuliah Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah merupakan kelanjutan dari matakuliah Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah. Fokus matakuliah pembelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolah adalah mengembangkan keterampilan mengajar mahasiswa sebagai calon guru. Oleh karena itu, proses perkuliahan dilakukan sebagian besar dengan praktek mengajarkan materi Akidah-Akhlak di kelas.


Capaian Pembelajaran yang dibebankan pada Matakulah ini :
Minggu ke-
Kemampuan Ahkir yang Diharapkan
Bahan Kajian
Bentuk Pembelajaran
Waktu
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Kriteria dan Indikator Penilaian
Bobot Nilai
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Memahami eksistensi Mapel Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolah
Mapel Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
1.     Interactive Lecturing
2.     Information Search
100 menit
Diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi
1.       Keaktifan dan partisipasi dalam diskusi
2.       Kejelasan dan kelengkapan informasi saat presentasi
2 %
2
Menganalisis tujuan Mapel Akidah-Akhlak di madrasah/sekolah
Tujuan maple Akidah-AKhlak di Madrasah/Sekolah
1.     Small group discussion
2.     The Power of Two
100 menit
1.    Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2.    Sharing pengalaman

1.       Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.       Kejelasan referensi yang digunakan
3.       Kelengkapan informasi
2 %
3
Memahami peran guru dalam pemelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
Peran Guru dalam Pembelajaran Akidah-Akhlak
Interactive Lecturing,
Diskusi makalah
100  menit
1.   Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2.   Sharing pengalaman

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
4
Mengeksplorasi Standar Isi maple Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
Standar Isi Maepk Akidah-Akhlak di madrasah/sekolah
1.   Small group discussion
2.   The Power of Two
100 menit
1.  Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2.  Sharing penetahuan
3.  Debat aktif

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
5
Mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pelaksanaan Pembelajaran Akidah-Akhlak
RPP Mapel Akiadah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
1.   Praktek Penyusunan RPP

100 menit
1.     Presentasi
2.     Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
3.     Sharing pengalaman dan pengetahuan

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
6
Menganalisis strategi dan metode pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
Strategi Pmeblajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah)
1.   Small group discussion
2.   The Power of Two
100 menit
1.     Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2.     Sharing pengalaman dan pengetahuan

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
7
Mengembangkan teknik evaluasi yang relevan dalam pembelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/sekolah
Teknik evaluai dalam pembelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolah

Small group discussion
The Power of Two
100 menit
  1. Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
  2. Sharing pengalaman

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
8
Mengmbangkan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran Akidah-Akhlak
Teknik Membuka dan Menutup Pembelajaran Akidah-Akhlak
1.   Demosntrasi
2.   Diskusi
100 menit

1.   Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2.   Sharing pengalaman

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2  %
9
Mengembangkan keterampilan menjelaskana pada pembelajaran Akidah-Akhlak
Keterampilan menjelaskan pada pembelajaran Akhidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
1.   Diskusi
2.   Small group discussion
3.   The Power of Two
100 menit
1.   Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2.   Sharing pengalaman
3.   Debat aktif

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
10
Mengembangkan keterampilan bertanya pada pembelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/sekolah
Keterampilan bertanya dalam pembelajaran
1.   Interactive lecturing
2.   Small group discussion
3.   The Power of Two
100 menit
1.   Presentasi makalah
2.   Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
3.   Sharing pengalaman
4.   Debat aktif

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
11
Mengembangkan keterampilan  memberi penguatan pada pembelajaran Akidah-Akhlak
Keterampilan Memberi Penguatan dalam Pembelajaran
1.      Small group discussion
2.      The Power of Two
100 menit
1.   Debat aktif
2.   Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
3.   Sharing pengalaman dan pengetahuan

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2 %
12
Mengembangkan keterampilan melakukan variasi pembelajaran Akidah-Akhlak
Keterampilan melakukan variasi pembelajaran Akidah-Akhlak
1.      Infromation search
2.      Small group discussion
3.      The Power of Two
100 menit
1.    Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2.    Sharing pengalaman

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
2  %
13
Mempraktekkan Pembelajaran Materi Iman kepada Allah
Iman kepada Allah
Praktek Mengajar
100 menit
Memberikan feedback, terlibat dalam pembelajaran

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
5  %
14
Memperaktekkan pembelajaran materi iman kepada malaikat
Ima kepada malaikat

Praktek mengajar
100 menit
1.    Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

1.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
2.    Kejelasan referensi yang digunakan
3.    Kelengkapan informasi
5  %
15
Memperaktekkan pembelajaran materi iman kepada kitab Allah
Ima kepada kitab Allah

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

4.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
5.    Kejelasan referensi yang digunakan
6.    Kelengkapan informasi
5 %
16
Memperaktekkan pembelajaran materi iman kepada  Rasul Allah
Ima kepada Rasul Allah

Praktek mengajar
100  menit
      Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

7.    Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
8.    Kejelasan referensi yang digunakan
9.    Kelengkapan informasi
5 %
17
Memperaktekkan pembelajaran materi iman kepada  hari akhir
Ima kepada hari akhir

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

10.Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
11.Kejelasan referensi yang digunakan
12.Kelengkapan informasi
5 %
18
Memperaktekkan pembelajaran materi iman kepadaqadla dan qadar Allah
Ima kepada qadal dan qadar Allah

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
19
Memperaktekkan pembelajaran materi hormat dan patuh kepada kedua orang
Hormat dan patuh kepada kedua orang tua

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
20
Memperaktekkan pembelajaran materi hormat dan patuh kepada guru
Hormat dan patuh kepada guru

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
21
Memperaktekkan pembelajaran materi Akhlak terhadap sesame manusia
Akhlak terhadap sesama manusia

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
22
Memperaktekkan pembelajaran materi akhlak terhadap diri sendiri
Akhlak terhadap diri sendiri

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
23
Memperaktekkan pembelajaran materi akhlak terhadap lingkungan
Akhlak terhadap lingkungan

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
24
Memperaktekkan pembelajaran materi akhlak terhadap pemimpin
Akhlak terhadap pemimpin

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
25
Memperaktekkan pembelajaran materi cinta tanah air
Cinta tanah air

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
26
Memperaktekkan pembelajaran materi  toleransi
Toleransi

Praktek mengajar
100  menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
27
Memperaktekkan pembelajaran materi  husnudzon
Husnudzon

Praktek mengajar
100 menit
Tanya jawab, memberikan feedback, dan terlibat dalam pembelajaran

Keaktifan dan partisipasi selama perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
5 %
28
Mengambil nilai positif dari pengalaman perkuliahan Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
Nilai-Niali positif
Diskusi kelompok dan Tanya jawab
100 meniy
Melakukan refleksi, presentasi, sharing infornasi
Keterlibatan dan keaktifan, keseriusan
1 %
Intregasi – Interkoneksi
1.      Matakuliah pendukung Intregasi-Interkoneksi
a.      Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolah
b.      Strategi dan metode Pembelajaran
c.       Pengembangan Evaluasi PAI
d.      Pengembangan Media PAI
e.      Psikologi Perkembangan

2.      Level Intregasi-Interkoneksi
a.       Pada level filosofis matakuliah Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah didasarkan pada kerangka dasar pendidikan Islam sebagaimana tertuang dalam Qur’an dan Hadits. Oleh karena itu, secara filosofis pengembangan teori yang dimaksud adalah penjabaran lebih praktis norma-norma pendidikan yang digariskan oleh ajaran dasar Islam maupun dari conoth-cotnoh yang telah ditunjukkan oleh Nabi pada saat melaksanakan proses pendidikan sejalan dengan aktivitas dakwah beliau.
b.        Pada level materi, matakuliah ini didukung dan dijabarkan lebih kongkrit dalam matakuliah-matakuliah lain, maupun diformulasikan dari mata kuliah lain yang mendukung
c.        Level metodologi,  Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah memberikan gambaran yang utuh tentang teori dalam kontek pengembangan keterampilan mengajar dalam pendidikan Islam, sejak melakukan persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi dan tindak lanjut.
d.        Level Strategi. Pada level strategi perkuliahan dilakukan  dengan menggali berbagai persoalan yang terkait dengan pmbelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolaj, baiki aspek idealitas yang terkandung dalam nash ataupun dalam realitas kesejarahan, sehingga ajaran Islam dapat memberikan alternatif pemecahan terhadap berbagai persoalan realitas empiris-historis, khususnya terkait dengan manajemen pendidikan Islam.

Daftar Referensi :
1.     Tim FAI UII, Akidah Islam, (Yogyakarta : UII Press, 2006)
2.     Mahrus, Aqidah (Jakarta : Dirjen Pendis, 2009)
3.     Muh. Ibn Abdul Wahab, Tauhid, terj. A.A. Sirojuddin, (Yogyakarta : Mitra Pustaka, 2012).
4.     Mel Silberman, Active Learning : 101 Strtageies to Teach Any Subject, Boston: Allyn Bacon, 1996.
5.     Hisyam Zaini, dkk., Stategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD IAIN, 2002.
6.     Jamhari Makuf, (ed.), Pendidikan Agama Islam di SMP dan SMA, Jakarta: Kencana, 2012.
7.     Marzuki, Pembentukan karakter Mahasiswa melalui PAI, Yogyakarta: 2012.
8.     Wmfred F. Hill, Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran), terj. M. Khozin, Bandung: Nusa Media, 2012.
9.     Abudin Nata, Akhlak Tasawuf, (Jakarta : Rajawali Press, 2013)



Disusun Oleh :
Diperiksa Oleh:
Diperiksa Oleh:
Diperiksa Oleh:
Dosen Pengampu:




Dr.  H. Karwadi, M.Ag
Penanggungjawab Keilmuan:




Dr.  H. Karwadi, M.Ag.
Ketua Jurusan:




Drs. H. Rofik, M.Ag
Dekan:




Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.


0 komentar:

Posting Komentar