RENCANA PEMBELEJARAN SEMESTER
(RPS)
(RPS)
Kode :
SKS : 4 SKS
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah
Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah merupakan kelanjutan dari matakuliah
Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah. Fokus matakuliah pembelajaran Akidah-Akhlak
di madrasah/Sekolah adalah mengembangkan keterampilan mengajar mahasiswa
sebagai calon guru. Oleh karena itu, proses perkuliahan dilakukan sebagian
besar dengan praktek mengajarkan materi Akidah-Akhlak di kelas.
Capaian
Pembelajaran yang dibebankan pada Matakulah ini :
Minggu ke-
|
Kemampuan Ahkir yang Diharapkan
|
Bahan Kajian
|
Bentuk Pembelajaran
|
Waktu
|
Pengalaman Belajar Mahasiswa
|
Kriteria dan Indikator Penilaian
|
Bobot Nilai
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
Memahami eksistensi Mapel
Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolah
|
Mapel Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
|
1.
Interactive
Lecturing
2.
Information
Search
|
100
menit
|
Diskusi kelompok, presentasi
hasil diskusi
|
1.
Keaktifan
dan partisipasi dalam diskusi
2.
Kejelasan
dan kelengkapan informasi saat presentasi
|
2 %
|
2
|
Menganalisis tujuan Mapel
Akidah-Akhlak di madrasah/sekolah
|
Tujuan maple Akidah-AKhlak di
Madrasah/Sekolah
|
1.
Small
group discussion
2.
The
Power of Two
|
100 menit
|
1.
Menanggapi
dan menjawab pertanyaan.
2.
Sharing
pengalaman
|
1.
Keaktifan
dan partisipasi selama perkuliahan
2.
Kejelasan
referensi yang digunakan
3.
Kelengkapan
informasi
|
2 %
|
3
|
Memahami peran guru dalam
pemelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
|
Peran Guru dalam Pembelajaran Akidah-Akhlak
|
Interactive Lecturing,
Diskusi makalah
|
100
menit
|
1.
Menanggapi
dan menjawab pertanyaan.
2.
Sharing
pengalaman
|
1.
Keaktifan
dan partisipasi selama perkuliahan
2.
Kejelasan
referensi yang digunakan
3.
Kelengkapan
informasi
|
2 %
|
4
|
Mengeksplorasi Standar Isi
maple Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
|
Standar Isi Maepk Akidah-Akhlak di
madrasah/sekolah
|
1. Small group discussion
2. The Power of Two
|
100 menit
|
1. Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2. Sharing penetahuan
3. Debat aktif
|
1.
Keaktifan
dan partisipasi selama perkuliahan
2.
Kejelasan
referensi yang digunakan
3.
Kelengkapan
informasi
|
2 %
|
5
|
Mampu menyusun Rencana
Pelaksanaan Pelaksanaan Pembelajaran Akidah-Akhlak
|
RPP Mapel Akiadah-Akhlak di
Madrasah/Sekolah
|
1. Praktek Penyusunan RPP
|
100 menit
|
1. Presentasi
2. Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
3. Sharing pengalaman dan pengetahuan
|
1.
Keaktifan
dan partisipasi selama perkuliahan
2.
Kejelasan
referensi yang digunakan
3.
Kelengkapan
informasi
|
2 %
|
6
|
Menganalisis strategi dan
metode pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
|
Strategi Pmeblajaran Akidah-Akhlak di
Madrasah/Sekolah)
|
1. Small group discussion
2. The Power of Two
|
100 menit
|
1.
Menanggapi
dan menjawab pertanyaan.
2.
Sharing
pengalaman dan pengetahuan
|
1.
Keaktifan
dan partisipasi selama perkuliahan
2.
Kejelasan
referensi yang digunakan
3.
Kelengkapan
informasi
|
2 %
|
7
|
Mengembangkan teknik evaluasi
yang relevan dalam pembelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/sekolah
|
Teknik evaluai dalam pembelajaran
Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolah
|
Small group discussion
The Power of Two
|
100 menit
|
|
1. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
2. Kejelasan referensi yang digunakan
3. Kelengkapan informasi
|
2 %
|
8
|
Mengmbangkan keterampilan
membuka dan menutup pembelajaran Akidah-Akhlak
|
Teknik Membuka dan Menutup Pembelajaran Akidah-Akhlak
|
1. Demosntrasi
2. Diskusi
|
100 menit
|
1. Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2. Sharing pengalaman
|
1. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
2. Kejelasan referensi yang digunakan
3. Kelengkapan informasi
|
2 %
|
9
|
Mengembangkan keterampilan
menjelaskana pada pembelajaran Akidah-Akhlak
|
Keterampilan menjelaskan pada pembelajaran Akhidah-Akhlak
di Madrasah/Sekolah
|
1. Diskusi
2. Small group discussion
3. The Power of Two
|
100 menit
|
1. Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
2. Sharing pengalaman
3. Debat aktif
|
1. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
2. Kejelasan referensi yang digunakan
3. Kelengkapan informasi
|
2 %
|
10
|
Mengembangkan keterampilan
bertanya pada pembelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/sekolah
|
Keterampilan bertanya dalam pembelajaran
|
1. Interactive lecturing
2. Small group discussion
3. The Power of Two
|
100 menit
|
1. Presentasi makalah
2. Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
3. Sharing pengalaman
4. Debat aktif
|
1.
Keaktifan
dan partisipasi selama perkuliahan
2.
Kejelasan
referensi yang digunakan
3.
Kelengkapan
informasi
|
2 %
|
11
|
Mengembangkan
keterampilan memberi penguatan pada
pembelajaran Akidah-Akhlak
|
Keterampilan Memberi Penguatan dalam Pembelajaran
|
1.
Small
group discussion
2.
The
Power of Two
|
100 menit
|
1. Debat aktif
2. Menanggapi dan menjawab pertanyaan.
3. Sharing pengalaman dan pengetahuan
|
1. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
2. Kejelasan referensi yang digunakan
3. Kelengkapan informasi
|
2 %
|
12
|
Mengembangkan keterampilan
melakukan variasi pembelajaran Akidah-Akhlak
|
Keterampilan melakukan variasi pembelajaran Akidah-Akhlak
|
1. Infromation search
2. Small group discussion
3. The Power of Two
|
100 menit
|
1.
Menanggapi
dan menjawab pertanyaan.
2.
Sharing
pengalaman
|
1. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
2. Kejelasan referensi yang digunakan
3. Kelengkapan informasi
|
2 %
|
13
|
Mempraktekkan Pembelajaran
Materi Iman kepada Allah
|
Iman kepada Allah
|
Praktek Mengajar
|
100 menit
|
Memberikan feedback, terlibat
dalam pembelajaran
|
1. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
2. Kejelasan referensi yang digunakan
3. Kelengkapan informasi
|
5 %
|
14
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi iman kepada malaikat
|
Ima kepada malaikat
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
1. Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
1. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
2. Kejelasan referensi yang digunakan
3. Kelengkapan informasi
|
5 %
|
15
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi iman kepada kitab Allah
|
Ima kepada kitab Allah
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
4. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
5. Kejelasan referensi yang digunakan
6. Kelengkapan informasi
|
5 %
|
16
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi iman kepada Rasul Allah
|
Ima kepada Rasul Allah
|
Praktek mengajar
|
100
menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
7. Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
8. Kejelasan referensi yang digunakan
9. Kelengkapan informasi
|
5 %
|
17
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi iman kepada hari akhir
|
Ima kepada hari akhir
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
10.Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
11.Kejelasan referensi yang digunakan
12.Kelengkapan informasi
|
5 %
|
18
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi iman kepadaqadla dan qadar Allah
|
Ima kepada qadal dan qadar Allah
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
19
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi hormat dan patuh kepada kedua orang
|
Hormat dan patuh kepada kedua orang tua
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
20
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi hormat dan patuh kepada guru
|
Hormat dan patuh kepada guru
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
21
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi Akhlak terhadap sesame manusia
|
Akhlak terhadap sesama manusia
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
22
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi akhlak terhadap diri sendiri
|
Akhlak terhadap diri sendiri
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang
digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
23
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi akhlak terhadap lingkungan
|
Akhlak terhadap lingkungan
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
24
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi akhlak terhadap pemimpin
|
Akhlak terhadap pemimpin
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
25
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi cinta tanah air
|
Cinta tanah air
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
26
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi toleransi
|
Toleransi
|
Praktek mengajar
|
100
menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang
digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
27
|
Memperaktekkan pembelajaran
materi husnudzon
|
Husnudzon
|
Praktek mengajar
|
100 menit
|
Tanya jawab, memberikan feedback, dan
terlibat dalam pembelajaran
|
Keaktifan dan partisipasi selama
perkuliahan
Kejelasan referensi yang digunakan
Kelengkapan informasi
|
5 %
|
28
|
Mengambil nilai positif dari
pengalaman perkuliahan Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
|
Nilai-Niali positif
|
Diskusi kelompok dan Tanya jawab
|
100
meniy
|
Melakukan refleksi, presentasi, sharing
infornasi
|
Keterlibatan dan keaktifan, keseriusan
|
1 %
|
Intregasi
– Interkoneksi
1.
Matakuliah
pendukung Intregasi-Interkoneksi
a.
Akidah-Akhlak di
madrasah/Sekolah
b.
Strategi dan
metode Pembelajaran
c.
Pengembangan
Evaluasi PAI
d.
Pengembangan
Media PAI
e.
Psikologi
Perkembangan
2.
Level
Intregasi-Interkoneksi
a. Pada
level filosofis matakuliah Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah/Sekolah
didasarkan pada kerangka dasar pendidikan Islam sebagaimana tertuang dalam
Qur’an dan Hadits. Oleh karena itu, secara filosofis pengembangan teori yang
dimaksud adalah penjabaran lebih praktis norma-norma pendidikan yang digariskan
oleh ajaran dasar Islam maupun dari conoth-cotnoh yang telah ditunjukkan oleh
Nabi pada saat melaksanakan proses pendidikan sejalan dengan aktivitas dakwah
beliau.
b.
Pada level materi,
matakuliah ini didukung dan dijabarkan lebih kongkrit dalam
matakuliah-matakuliah lain, maupun diformulasikan dari mata kuliah lain yang
mendukung
c.
Level metodologi,
Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah memberikan gambaran yang utuh
tentang teori dalam kontek pengembangan keterampilan mengajar dalam pendidikan
Islam, sejak melakukan persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi dan tindak
lanjut.
d. Level Strategi. Pada level strategi perkuliahan
dilakukan dengan menggali berbagai
persoalan yang terkait dengan pmbelajaran Akidah-Akhlak di madrasah/Sekolaj,
baiki aspek idealitas yang terkandung dalam nash ataupun dalam realitas
kesejarahan, sehingga ajaran Islam dapat memberikan alternatif pemecahan
terhadap berbagai persoalan realitas empiris-historis, khususnya terkait dengan
manajemen pendidikan Islam.
Daftar Referensi :
1. Tim FAI UII, Akidah
Islam, (Yogyakarta : UII Press, 2006)
2. Mahrus, Aqidah
(Jakarta : Dirjen Pendis, 2009)
3. Muh. Ibn Abdul
Wahab, Tauhid, terj. A.A. Sirojuddin, (Yogyakarta : Mitra Pustaka,
2012).
4. Mel Silberman,
Active Learning : 101 Strtageies to Teach Any Subject, Boston: Allyn
Bacon, 1996.
5. Hisyam Zaini, dkk., Stategi
Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD IAIN, 2002.
6. Jamhari Makuf,
(ed.), Pendidikan Agama Islam di SMP dan SMA, Jakarta: Kencana, 2012.
7. Marzuki, Pembentukan
karakter Mahasiswa melalui PAI, Yogyakarta: 2012.
8. Wmfred F.
Hill, Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran), terj. M. Khozin,
Bandung: Nusa Media, 2012.
9. Abudin Nata, Akhlak
Tasawuf, (Jakarta : Rajawali Press, 2013)
Disusun Oleh :
|
Diperiksa Oleh:
|
Diperiksa Oleh:
|
Diperiksa Oleh:
|
Dosen Pengampu:
Dr. H. Karwadi, M.Ag
|
Penanggungjawab Keilmuan:
Dr. H.
Karwadi, M.Ag.
|
Ketua Jurusan:
Drs. H. Rofik, M.Ag
|
Dekan:
Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
|
0 komentar:
Posting Komentar